G Suite Goes To School

Sebagai praktisi IT saya sangat mencintai dunia pendidikan oleh karena itu saya sangat senang sekali ketika saya diikut sertakan dalam membantu proses aktivasi G Suite For Education di beberapa universitas dan sekolah.

G Suite For Education adalah rangkaian aplikasi yang telah dikembangkan oleh Google dan didesain khusus untuk sekolah. Banyak sekali fitur yang terangkai dalam G For Education ini antara lain Gmail, Drive, Docs, Form, Sites, Calendar, Google Meet, Classroom, Jamboard dan lain sebagainya.

Berikut saya akan berbagi cerita mengenai fitur dasar yang digunakan setelah proses verifikasi Akun G Suite For Education menerima approval dari Google antara lain:

   1. Admin Console

Gambar1. Tampilan dari Admin Console/ Konsol Admin

Admin console adalah fitur G Suite khusus bagi Admin, berbasis web dan dapat diakses laman nya di admin.google.com, Ada banyak menu yang dapat dilakukan di Admin Console, dan diantara banyak menu ada beberapa menu yang paling mendasar untuk di setting dan dipersiapkan oleh kita yang ditentukan sebagai Admin  antara lain:
  • Company Profile

Menu ini digunakan untuk menyesuaikan nama yayasan atau organisasi, bahasa, dan zona waktu. Menambahkan logo yayasan atau organisasi.  

Gambar2. Tampilan dari Company Profile

  • OrganizationalUnit

Menu ini digunakan untuk menambahkan, menghapus, mengganti divisi atau department yang merupakan bagian dari yayasan atau organisasi Anda.

Gambar3. Tampilan dari Organizational Unit

  • Security

Menu ini digunakan untuk mengelola / konfigurasi keamanan Akun G Suite: menerapkan Verifikasi 2 Langkah, memantau atau menerapkan sandi, dan lainnya.

Gambar4. Tampilan dari Security

  • Users

Menu ini digunakan untuk menambahkan dan menghapus pengguna, memasukkan pengguna ke dalam unit yayasan atau organisasi, dan menetapkan pengguna lain sebagai administrator untuk membantu Anda mengelola layanan Akun G Suite.

Gambar5. Tampilan dari Users

  • Group

Menu ini digunakan untuk membuat group atau kelompok bagi yayasan atau organisasi dan milis untuk berkolaborasi, members dari group adalah user yang sudah ditentukan  dan disepakati bersama, kegunaan dari group ini salah satunya adalah memberi kemudahan bagi host/ guru dalam melakukan invite user-user siswa di setiap kelas, sihingga dengan adanya group cukup invite group maka seluruh user di dalam group sudah akan menerimanya.

Gambar6. Tampilan dari Groups

  • Apps

Menu ini digunakan untuk mengelola/ konfigurasi aplikasi dan layanan G Suite (seperti Gmail,Calendar, Meet, Classroom ), memberi otorisasi bagi User/ Group untuk dapat menggunakan layanan G Suite tersebut.

Gambar7. Tampilan dari Apps

Keseluruhan menu dan sub menu yang berada di Admin Console sangat mudah diterapkan karena menampilkan logo yang suitable dan deskripsi yang lengkap mengenai apa yang bisa dilakukan oleh menu-menu tersebut.

   2. Calendar/ Kalender

Fitur Calendar digunakan untuk membuat Jadwal yang dapat dibagikan bersama user atau group yang dapat memberi kemudahan monitoring dan reminder penjadwalan. Calendar yang sudah berhasil dibuat juga bisa di edit dan dihapus jika sudah tidak diperlukan.

Gambar8. Tampilan dari Calendar

   3. Google Meet

Fitur ini digunakan untuk terhubung dengan siswa secara virtual melalui video call dan pengiriman pesan yang aman agar pembelajaran tetap berlangsung meskipun di luar sekolah.

Gambar 9. Tampilan dari Google Meet

   4. Classroom

Classroom adalah sebuah fitur yang efisien, mudah digunakan, dan membantu pengajar dalam mengelola tugas. Dengan Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas (Classwork), memberi nilai (Grades), mengirim masukan (Stream), dan melihat semuanya di satu tempat.

Gambar 10. Tampilan dari Classroom

Sebagai informasi bahwa dalam rapat bersama Komisi X DPR RI pada Kamis (2/7/2020), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut bahwa kegiatan belajar jarak jauh masih tetap akan dilaksanakan
.
Metode pembelajaran jarak jauh nantinya akan ditetapkan secara permanen jika situasi pandemi tidak kunjung mereda. Pemanfaatan teknologi menjadi hal utama dalam proses belajar jarak jauh ini.


Oleh sebab itu maka G Suite For Education yang telah dikembangkan oleh Google, sangat relevan untuk mendukung proses kegiatan pembelajaran jarak jauh ini. 




Belum ada Komentar untuk "G Suite Goes To School"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel