Smart School, Sistem Informasi Sekolah 4.0


Hai, Apa kabar hari ini ?, semoga menjadi hal yang luar biasa tentunya bagi Anda pada hari ini. Kali ini saya akan membahas aplikasi smart school yang telah dikembangkan oleh PT. Media Antar Nusa (Nusanet). 

Nusanet sudah berdiri sejak tahun 1996 sebagai perusahaan web hosting dan design, Nusanet sekarang adalah sebuah ISP dengan izin nasional dari Dirjen Postel. Nusanet memiliki cabang di Jakarta, Surabaya, Medan, Lampung, Palembang, Pekanbaru, Bali, dan Malang untuk melayani Dedicated dan Broadband Internet dengan menggunakan radio wireless dan Fiber Optik. Nusanet juga menyediakan layanan dedicated server dan colocation server di IDC Cyber Building Jakarta dan data centre di cabang Surabaya, Medan, dan Lampung. 
Sumber: https://www.nusa.net.id/overview/
Selain dari pada itu Nusanet sebagai Industri telah bekerja sama dengan beberapa SMK Rujukan yang mengunggulkan Jurusan TKJ antara lain, SMK Dwiwarna Medan dan SMK Istiqlal Delitua. Dalam upaya kerjasama ini kami sangat antusias dalam membantu sekolah-sekolah untuk mewujudkan generasi unggul Indonesia maju. Oleh karena itu kami membangun 2 aplikasi sistem informasi sekolah berbasis Android antara lain: aplikasi Guru dan aplikasi Siswa/ Orang tua.

Pertanyaan: Apa bedanya aplikasi smart school ini dengan aplikasi smartschool yang lain sebagai pendahunya ?
Jawaban: Karena Aplikasi Smart School yang telah kami kembangkan memiliki nilai otentik antara lain:
  1. Tidak perlu membangun server database
  2. Tidak ada biaya hosting
  3. Database menggunakan Excel Online (Google Sheet).

Pertanyaan: Mengapa database nya menggunakan Google Sheet ?
Jawaban: Alasannya adalah karena:
  1. Free dari Google
  2. Layanan sudah berbasis Cloud
  3. Struktur data yang dihasilkan oleh Google Sheet sama dengan Database dari platform lain seperti mySql/mariaDB, Oracle Database, Postgre SQL
  4. Interaksi langsung admin dengan interface database tanpa script dalam melakukan manipulasi data
  5. Limitation of Google Sheets
- Maximum of 5 Million Cells
- Maximum of 18,278 Columns
- No Row Limit (but 5 million cells limit)
- Tab Limit (No Limit but Max of 5 Million Cells)
- By default, a new worksheet has 26000 cells
- File Size Limit - 100 MB

Jadi, berdasarkan Jawaban di atas maka masih sangat memungkinkan jika Google Sheet dijadikan sebagai database dari sistem informasi sekolah.
Sumber : httpLs://spreadsheetpoint.com/google-sheets-limitations/
Terima kasih kami ucapkan kepada SMK Istiqlal Delitua yang telah mempercayakan kepada kami dalam pengembangan sistem informasi sekolah berbasis Android ini.


  • Kali ini saya akan men-demokan dua aplikasi yang telah kami kembangkan tersebut, yang pertama adalah aplikasi guru, langkah pertama dalam menjalankan aplikasi Guru ini adalah login,disini yang guru isikan adalah kode Guru dan password yang sudah ditentukan oleh Admin.

  • Setelah kode guru dan password terverifikasi maka akan ditampilkan menu utama dari aplikasi Guru dengan menyertakan nama Guru yang sedang login di sudut kiri atas, menu utama dari aplikasi guru ini berisi beberapa modul yang sudah kami siapkan antara lain modul input presensi, view presensi, info sekolah dan logout
selanjutnya kami akan menjelaskan satu persatu user flow dari modul-modul tersebut di atas antara lain:

  • Yang pertama adalah modul Input Presensi, user flow nya adalah pilih menu Input Presensi -> Pilih Kelas -> maka akan ditampilkan photo sesuai dengan Nama siswa dan opsi Input nilai Presensi Siswa yang value nya adalah H= hadir I= izin, S= Sakit, A= alpha, C= cabut. Pada bagian ini kami telah membuat validasi input antara lain: validasi tanggal dan bulan saat ini, value dari input presensi harus terisi semua, input value presensi hanya diizinkan satu kali, dan data di dalam database value presensi akan menyertakan kode Guru yang melakukan input value presensi tersebut -> Selanjutnya Simpan Presensi dan akan kembali ke menu utama.
  • Yang kedua adalah modul view presensi, user flow nya adalah pilih menu View Presensi -> pilih Kelas -> maka akan ditampilkan Photo, nama dan nilai presensi yang telah diinput hari ini, tanggal dan bulan dapat disesuaikan jika kita ingin melihat nilai presensi sebelumnya.

  • Yang ketiga adalah modul info sekolah, user flow nya adalah pilih menu info Sekolah maka akan ditampilkan update informasi resmi dari sekolah berupa surat edaran dalam format pdf atau dokumen.

  • Yang ke empat adalah modul logout, user flow nya adalah pilih menu logout-> maka user Guru akan keluar dari menu utama aplikasi menuju menu login.

  • Yang berikut nya adalah aplikasi siswa/ Orang tua, langkah pertama dalam menjalankan aplikasi siswa ini adalah login, di sini yang siswa/ orang tua isikan adalah NIS, Password, tingkatan dan Tahun ajaran.


  • Setelah semuanya ter-verifikasi maka akan ditampilkan menu utama dari aplikasi Siswa dengan menyertakan nama Siswa yang sedang Login di sudut kiri atas, menu utama dari aplikasi Siswa ini berisi beberapa modul yang telah kami siapkan antara lain modul Spp, Kehadiran, Pengumuman UN, Pengumuman Sekolah dan Keluar


Selanjutnya kami akan menjelaskan satu persatu user flow dari modul-modul tersebut antara lain:
  • Yang pertama adalah modul Spp, user flow nya adalah pilih menu Spp -> maka akan ditamp ilkan status pembayaran Spp setiap bulannya selama setahun, statusnya adalah belum lunas atau tanggal pembayaran Spp jika sudah lunas. pada modul Spp ini, juga sudah disediakan pesan notifikasi dari server ketika siswa sudah melakukan pembayaran Spp.

  • Yang kedua adalah modul Kehadiran, user flow nya adalah pilih menu kehadiran, maka akan ditampilkan status kehadiran dalam 1 bulan yang ter-validasi dengan bulan terkini, siswa/ orang tua dapat memilih bulan yang lain jika ingin melihat status kehadiran di bulan sebelumnya.


  • Yang ketiga adalah modul Pengumuman UN, user flow nya adalah pilih menu pengumuman UN -> masukkan NIS-> maka akan ditampilkan hasil nilai UN sesuai dengan bidang studi nya.


  • Yang ke empat modul pengumanan Sekolah, user flow nya adalah pilih menu pengumuman Sekolah -> maka akan ditampilkan pengumuman resmi dari sekolah berupa surat edaran dalam format pdf atau dokomen.

  • Yang ke lima adalah modul keluar, user flow nya adalah pilih menu keluar -> maka user Siswa/ Orang tua akan keluar dari menu utama aplikasi Siswa menuju menu login.

Demikian langkah-langkah user dalam menjalankan aplikasi Sistem informasi Sekolah berbasis Android yang di kembangkan oleh PT Media Antar Nusa.

Berikut Saya juga buatkan video langkah-langkah penggunaan aplikasi smart school-nya


jika ada penjelasan yang belum di pahami silakan hubungi kantor kami di Jl H. Misbah Kompleks Multatuli Blok D No.1 Medan atau melalui saya Teddi Zulkarnaen sebagai Principal di Whatsapp di nomor 081263959732, atau bisa juga melalui email di [email protected]. Terima kasih. 


Belum ada Komentar untuk "Smart School, Sistem Informasi Sekolah 4.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel