Session 3 : Google CLoud Platform Adalah...


Hai, dalam modul sebelumnya, Saya telah mempelajari semua tentang bagaimana Google Cloud membantu perusahaan menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis mereka melalui lima pilar solusi, beban kerja, produk dan layanan yang termasuk dalam beban kerja tersebut.

Salah satu tantangan bisnis saat ini adalah bagaimana berinovasi dan tumbuh di era digital baru saat ini. Dengan perubahan sosial, geo-politik, dan teknologi yang terjadi di sekitar, maka model dan proses bisnis pelanggan akan melakukan perubahan.

Misalnya, perusahaan-perusahaan di industri Kesehatan & Ilmu Hayati menghadapi tantangan yang meliputi:
  • Biaya perawatan kesehatan yang tumbuh secara tidak berkelanjutan menyebabkan tekanan harga yang signifikan, volume data yang meledak, dan berbagai sistem dan alat warisan.
 Dalam industri ritel, perusahaan menghadapi tantangan seperti:
  • Rantai nilai ritel di bawah tekanan dari ekspektasi konsumen yang meningkat, margin laba yang lebih ketat, dan masuknya teknologi baru.
Ini berarti bahwa perusahaan harus mampu berinovasi dan beradaptasi di setiap bagian dari bisnis mereka untuk mengikuti perubahan tuntutan dan besarnya kompetitif. Kalau tidak, perusahaan-perusahaan ini berisiko menjadi usang, atau digantikan oleh pesaingnya.

Google Cloud Platform membantu perusahaan mengubah secara digital dengan solusi yang mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi perusahaan di industri mereka, sehingga mereka dapat mendorong bisnis mereka lebih maju.

Infrastruktur Google Cloud menjangkau seluruh dunia, menyediakan layanan inti yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan bisnis mereka - seperti penyimpanan, komputasi, dan jaringan yang tersedia dalam kapasitas yang besar, tingkat keamanan yang berlapis.

Dan Google Cloud Platform dibangun di atas infrastruktur ini untuk menyediakan serangkaian solusi komprehensif untuk perusahaan yang berkisar dari Infrastruktur sebagai Layanan hingga Platform  yang juga sebagai Layanan.

Di dalam naungan GCP (Google Cloud Platform) terdapat lebih dari seratus produk dan layanan yang dapat digunakan pelanggan untuk mengubah bisnis mereka secara digital.

Google Cloud Platform memiliki produk seperti Google Kubernetes Engine yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengembangan dan pengulangan aplikasi yang cepat. Kubernetes memudahkan perusahaan untuk menyebarkan, memperbarui, dan mengelola aplikasi dan layanan mereka dalam satu paket layanan.

Google Cloud juga memiliki layanan seperti Anthos, di mana pelanggan dapat menjalankan beberapa penyedia cloud hanya dalam waktu tiga jam, tanpa perlu menulis perubahan kode apa pun.
Mari kita lihat beberapa contoh produk Google Cloud Platform lainnya.
Untuk membantu perusahaan memodernisasi infrastruktur teknologi informasi mereka, ada Velostrata. Velostrata membantu perusahaan melakukan modernisasi lebih cepat karena pelanggan dapat memilih cara terbaik untuk melakukan migrasi dan menyesuaikan aplikasi mereka dengan cara yang terbaik bagi mereka. Ini bisa memigrasi satu aplikasi dalam beberapa klik, atau memigrasi ribuan mesin virtual dalam gelombang. 

Untuk membantu bisnis memodernisasi aplikasi yang sudah ada dan mengembangkan aplikasi baru, Database GCP menyediakan opsi untuk memigrasi database ke cloud, serta meningkatkan penyimpanan data yang sangat skalabel untuk berbagai beban kerja di industri apa pun, baik itu ritel, keuangan, game, atau apa pun di antara. 

Untuk membantu bisnis menganalisis data pada skala untuk membangun kemampuan baru, ada produk seperti BigQuery, gudang data perusahaan tanpa server. Dengan BigQuery, perusahaan dapat menganalisis data dengan cepat dengan kueri SQL sederhana. Untuk membantu pengembang menjadi produktif dan cepat menulis, men-debug, dan menyebarkan kode ke cluster Kubernet lokal atau melintasi beberapa penyedia cloud, Cloud Code menyediakan ekstensi ke lingkungan pengembangan terintegrasi seperti VSCode dan IntelliJ.

Dan dengan alat-alat seperti CloudBuild dan Otorisasi Biner, pengembang dapat melakukan pemindaian keamanan yang mendalam dan mengatur kebijakan penyebaran otomatis untuk memastikan hanya artefak tepercaya yang disebarkan sebagai bagian dari integrasi berkesinambungan dan pipa pengiriman kontinu.

Untuk menghasilkan wawasan dari data dengan analitik cerdas, produk seperti AutoML membantu bisnis dan pengembang dengan keahlian pembelajaran mesin terbatas melatih model berkualitas tinggi khusus untuk kebutuhan bisnis mereka.

Ini hanya beberapa produk dari lebih dari seratus produk dan layanan Google Cloud Platform yang kuat yang memungkinkan perusahaan fokus pada fungsionalitas, bukan mengelola infrastruktur. Dan bisnis pindah ke Google Cloud Platform karena nilai yang diberikannya kepada perusahaan.

Google Cloud Platform membantu memungkinkan perusahaan untuk:
  • Mengurangi biaya infrastruktur,
  • Tingkatkan keandalan dan skala dengan lancar,
  • Dapatkan lebih banyak nilai dari data dan prediksi hasil bisnis,
  • Cepat membangun aplikasi dan pengalaman,
  • Terhubung ke platform bisnis dari layanan dan mitra,
  • Dan membuat tim produktif dengan perangkat yang aman.

Ini berarti lebih banyak waktu untuk berinovasi, membuat model bisnis baru, memberikan pengalaman pelanggan baru, dan menumbuhkan peluang pendapatan.

Jadi apakah sebuah bisnis berada di awal perjalanannya atau sedang dalam perjalanan menuju transformasi digital, Google Cloud Platform bermitra dengan pelanggannya untuk menyediakan serangkaian solusi dan teknologi yang membantu mereka memetakan jalur menuju kesuksesan transformasi digital.

Dampak dari GCP
Baca studi kasus dari pelanggan Google Cloud kehidupan nyata dan bagaimana GCP memenuhi kebutuhan bisnis mereka dan mengubah perusahaan mereka.
1. Blue Stacks
Industri game
BlueStacks 'App Player memungkinkan orang memainkan aplikasi seluler pada layar Windows PC dan Mac yang lebih besar. Lebih dari 130 juta orang di hampir 200 negara menggunakannya untuk bermain game dan untuk streaming gameplay mobile mereka ke Twitch, Facebook Live, dan layanan streaming lainnya.

Tantangan bisnis: Perusahaan membutuhkan platform cloud yang sangat tersedia sepanjang waktu, skala langsung, dan tidak memerlukan administrator sistem khusus atau staf DevOps.

Pendekatannya: App Engine, Compute Engine untuk membantu pemain game menghindari waktu henti atau latensi, dan BigQuery untuk menganalisis data perilaku pengguna dan membuat rekomendasi untuk game yang mungkin ingin dimainkan oleh pengguna. Strategi multi-cloud juga membantu BlueStacks mendapatkan keuntungan dari efisiensi biaya, kinerja, dan fitur-fitur terbaik GCP, sementara meningkatkan platform cloud alternatif untuk kasus penggunaan spesifik untuk mengakomodasi persyaratan fungsional, geografis, dan peraturan.

Dampaknya: BlueStacks memberikan aplikasi ke jutaan gamer di seluruh dunia tanpa harus mengelola infrastruktur yang besar dan kompleks. BlueStacks dengan mudah dapat mengukur dan menangani lalu lintas tingkat tinggi karena App Engine dan Compute Engine. BlueStacks juga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan untuk membawa orang kembali ke gameplay yang lebih karena kemampuan analitik BigQuery.

2. Target
Retail Company
Target saat ini adalah pengecer barang umum terbesar kedua di Amerika, dengan 1.845 toko di Amerika Serikat dan lebih dari 350.000 anggota tim di seluruh dunia. Misi Target adalah untuk memberikan nilai luar biasa, inovasi berkelanjutan, dan pengalaman tamu yang luar biasa.

Tantangan bisnis: Target mulai kehilangan daya karena mulai terlambat dalam kehadiran eCommerce digital mereka. Pada hari penjualan Cyber ​​Monday, salah satu hari belanja online terbesar di Amerika, Target perlu untuk membatasi lalu lintas ke situs online mereka pada sisa hari itu, yang mengakibatkan pelanggan yang marah dan kehilangan puluhan juta dolar dalam penjualan potensial. Produktivitas dan stabilitas bersama dengan kecepatan dan distribusi

Pendekatan: Geser infrastruktur teknologi Target dari lokal ke Google Cloud untuk lebih mudah menangani banyak lalu lintas dalam jumlah besar selama acara penjualan online seperti Cyber ​​Monday.

Dampaknya: Google Cloud memungkinkan pengembang Target untuk fokus pada penciptaan nilai. Tim teknik Target sekarang gesit dan memiliki waktu untuk fokus pada pengembangan perangkat lunak Target dibandingkan mengelola infrastruktur lokal. Perkembangan yang hanya beberapa tahun lalu membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk diselesaikan, sekarang diselesaikan dalam beberapa hari atau minggu. Infrastruktur yang dulu membutuhkan berminggu-minggu untuk penyediaan, sekarang hanya membutuhkan beberapa menit. Produk seperti TensorFlow juga memungkinkan Target untuk melatih model AI dengan cepat menandai gambar online, dibandingkan mengandalkan fotografer untuk menangani tugas.

3. American Cancer Society
Industri Kesehatan / Ilmu Hayati
Misi American Cancer Society adalah membebaskan dunia dari kanker dengan mendanai dan melakukan penelitian, berbagi informasi ahli, mendukung pasien, dan menyebarkan berita tentang pencegahan.

Tantangan bisnis: Ketika menganalisis 1.700 gambar jaringan resolusi tinggi dari studi penelitian untuk pola baru dalam data, para peneliti menghadapi tantangan teknis karena format yang tidak terkompresi dan kepemilikan. Untuk menganalisis setiap gambar untuk pola-pola baru akan memakan waktu bertahun-tahun patologis, dan hasilnya akan tunduk pada kelelahan dan bias manusia. American Cancer Society membutuhkan cara yang lebih cepat dan lebih akurat untuk memproses data penelitian.

Pendekatan: The American Cancer Society menggunakan GCP untuk memfasilitasi jenis pembelajaran mendalam tanpa pengawasan yang memungkinkan algoritma untuk menentukan keakuratan prediksi mereka dan membuat penyesuaian tanpa seorang insinyur masuk.

Dampaknya: Melalui GCP, Cloud ML Engine, dan kemitraan dengan Google Cloud Premier Partner, analisis gambar lebih konsisten dan lebih cepat — hanya membutuhkan tiga bulan berbanding tiga tahun. The American Cancer Society mampu mengidentifikasi pola yang berpotensi berdampak pada gambar jaringan kanker, dan mereka sekarang dapat fokus pada mengaitkan data dengan kelangsungan hidup kanker payudara dan faktor risiko yang terkait dengan pola jaringan.

Kesimpulan:
Di dalam naungan Google Cloud Platform ada lebih dari seratus produk dan layanan yang dapat digunakan pelanggan untuk mengubah bisnis mereka secara digital.
Solusi komprehensif GCP berkisar dari Infrastruktur sebagai Layanan hingga Platform sebagai Layanan untuk perusahaan.
Bisnis Perusahaan beralih ke GCP karena nilai yang diberikannya kepada perusahaan. 
GCP membantu memungkinkan perusahaan untuk:
  • Mengurangi biaya infrastruktur
  • Tingkatkan keandalan dan skala dengan lancar
  • Dapatkan lebih banyak nilai dari data; Memprediksi hasil bisnis
  • Bangun aplikasi dan pengalaman baru dengan cepat
  • Terhubung ke platform bisnis layanan dan mitra
  • Jadikan tim produktif dengan perangkat yang aman
Terima Kasih 😃







Belum ada Komentar untuk "Session 3 : Google CLoud Platform Adalah..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel