VOIP Server Menggunakan Asterisk

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu, salam sejahtera bagi kita semua, kali ini saya akan membahas VOIP Server, banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang VOIP Server, dan di sini saya juga mengutip dari beberapa referensi dan menggabungkannya dengan harapan semoga tulisan ini  akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai VOIP Server Menggunakan Asterisk, Amin.

Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk adalah software Open Source yang berjalan di linux. Asterisk juga memungkinkan komunikasi antar pengguna telepon regular dengan telepon berbasis sip (sip phones).

Berikut bahan dan persiapannya:

  • Download Freepbx 14

https://www.freepbx.org/downloads/

  • Download Virtual Box
https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

  • Tutorial install freepbx 14
https://wiki.freepbx.org/display/PPS/Installing+SNG7+Official+Distro
  • Docs Asterisk 15

https://wiki.asterisk.org/wiki/display/AST/New+in+15
Aplikasi untuk register SIP
  1. Zoiper (App, mac, dan windows
  2. Telephone (mac)
Setelah selesai men-download persiapan yang disebutkan di atas maka, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi aplikasi freepbx ke dalam virtual box sebagai langkah simulasi sebelum ke tahap implementasi, langkah instalasi ke virtual box adalah sama seperti kita melakukan instalasi sistem operasi linux server ke dalam virtual box. jika berhasil maka tampilan login pertama kali akan seperti berikut:

untuk langkah konfigurasi server voip dari freepbx ini dapat dilakukan dengan CLI (Command Line Interface) atau dengan mengkases aplikasi web nya melalui web browser dengan mengakses nya melalui IP Address dengan tampilan aplikasi web-nya sebagai berikut:


Setelah login maka langkah selanjutnya adalah konfigurasi aplikasi extension dengan menambahkan nomor extension sebagai caller ID dengan tampilan aplikasi web nya sebagai berikut:

Setelah Anda siapkan nomor extension sebagai caller ID, maka langkah selanjutnya adalah install aplikasi  Zoiper, pada saat pengujian saya install aplikasi zoiper di laptop dan smart phone dengan tampilan dari aplikasi zoiper adalah sebagai berikut:


Demikian penjelasan singkat saya mengenai simulasi server voip freepbx dan zoiper, semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "VOIP Server Menggunakan Asterisk"

  1. Yes i am totally agreed with this article and i just want say that this article is very nice and very informative article.I will make sure to be reading your blog more. You made a good point but I can't help but wonder, what about the other side? !!!!!!Thanks VoIP Phone Systems for Schools

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel