PDKT Dengan Java (1)

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu, salam sejahtera bagi kita semua, kali ini saya akan membahas Pengenalan dengan Java, banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang Pengenalan dengan Java, dan di sini saya akan membahas Pengenalan Java langsung ke TKP dengan harapan semoga tulisan ini  akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai Java, Amin.


Ada apa dengan Java ?
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia pada tahun 2016 dan sampai saat ini Java masih relevan dengan perkembangan teknologi. Selain itu, Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didukung oleh Google untuk mengembangkan aplikasi Android.

Sedikit Sejarah dari Java
Java dibuat oleh James Gosling pada tahun 1995. Berdasarkan history-nya, disebutkan bahwa Java terinspirasi dari pulau Jawa yang mana ketika itu si penemunya sangat suka dengan kopi murni yang berasal dari pulau Jawa. 
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat multiplatform karena Java memiliki JVM (Java Virtual Machine). JVM inilah yang menyebabkan Java bisa berjalan secara multiplatform baik di perangkat desktop, web maupun device mobile.

Basic Materi yang dibahas
  1. Algoritma
  2. Class
  3. Package
  4. Input dan Output
  5. Tipe data
  6. Variable
  7. Operator
  8. Percabangan
  9. Perulangan
  10. Array
1. Algoritma
Tabel berikut di bawah ini adalah contoh analogi dari sebuah algoritma dasar sebagai berikut:

Si A

1. Masuk ke dapur
2. Mengambil panci atau wajan
3. Letakkan panci diatas kompor
4. Masukkan air kedalam panci atau wajan
5. Nyalakan kompor
6. Tunggu air mendidih
7. Masukkan mie
8. Siapkan bumbu di piring
9. Aduk mie hingga matang
10. Tiriskan
11. Tuang mie ke atas bumbu yang sudah
disiapkan
12. Aduk mie hingga merata dengan bumbunya
Si B

1. Masuk ke dapur
2. Siapkan bumbu di piring
3. Mengambil panci atau wajan
4. Letakkan panci diatas kompor
5. Masukkan air kedalam panci atau wajan
6. Nyalakan kompor
7. Tunggu air mendidih
8. Masukkan mie
9. Aduk mie hingga matang
10. Tiriskan
11. Tuang mie ke atas bumbu yang sudah
disiapkan
12. Aduk mie hingga merata dengan bumbunya

Berdasarkan contoh kasus memasak mie instan tadi dapat diambil kesimpulan bahwa algoritma adalah sebuah proses atau langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah atau fungsi dengan cara yang terbaik dan logis.

2. Class
Di dalam bahasa pemrograman Java, Class adalah sebuah file yang mana didalamnya terdapat kode-kode program dalam bentuk kode mesin (bytecode) yang dijalankan oleh Java. Setiap file Java yang di-kompilasi (compile) akan menghasilkan file (dot) class. 

Misal: kita telah membuat sebuah program Java dengan nama file Main.java. Setelah di-kompilasi oleh Java maka, akan terbentuklah sebuah file baru yang bernama Main.class dan file Main.class inilah yang dieksekusi atau dijalankan oleh Java Compiler.



3. Package

Di Java, package berfungsi untuk membedakan class dengan nama yang sama. Selain itu, di Android penamaan package berfungsi sebagai ID unik yang akan dipakai ketika aplikasi kita di publish ke Play Store. 
Berikut ialah contoh penamaan package yang benar. id.net.nusa.visitcard Penamaan package yang baik ialah haruslah huruf kecil semua dan tanpa underscore. Berikut yang salah penamaan package
id.net.nusa.visit_card atau id.net.nusa.visitCard

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengenalan dengan Java, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "PDKT Dengan Java (1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel