Sejarah Teknologi Komputer Jaringan

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu,  salam sejahtera bagi kita semua, kali ini saya akan membahas Sejarah Teknologi Komputer Jaringan, banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang Sejarah Teknologi Komputer Jaringan, dan di sini saya juga mengutip dari beberapa referensi dan menggabungkannya dengan harapan semoga tulisan ini  akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai Sejarah Teknologi Komputer Jaringan, Amin.


Istilah teknologi sendiri berasal dari perpaduan dua kata, yaitu techne dan logos. Kata techne dalam bahasa Yunani memiliki arti keterampilan sedangkan logos berarti ilmu. Secara singkatnya, pengertian teknologi berarti ilmu yang mempelajari tentang keterampilan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknologi memiliki arti:(1) Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; (2) Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan istilah teknologi sendiri diadopsi dari bahasa Inggris “Technology” sejak abad ke-20 yang bersamaan dengan berakhirnya Revolusi Industri Kedua.

Istilah Komputer Jaringan berasal dari perpaduan dua kata, yaitu Komputer dan Jaringan, kata komputer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, chating, video call, video conference dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit input, unit output, unit proses, serta unit penyimpanan.Sedangkan Kata Jaringan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata Jaring yang berarti mengikat dan menyokong dalam berbagai susunan. 

Jadi Teknologi Komputer Jaringan berdasarkan definisi di atas adalah Ilmu keterampilan yang mempelajari cara teknis untuk menghubungkan 2 atau lebih komputer melalui media transmisi kabel atau nirkabel (wireless) dalam suatu area dimana tujuan awalnya adalah agar supaya komputer-komputer yang terdapat pada area tersebut bisa melakukan atau menjalin suatu komunikasi , berbagi file, printer dan media penyimpanan serta ditujukan untuk mempermudah suatu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer.


  • Periode Tahun 1940
Sejarah teknologi jaringan komputer pada awalnya bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di negara Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin oleh seorang profesor bernama Howard Aiken.
Pada mulanya proyek tersebut hanya ditujukan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai secara bersamaan.Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong, maka dibuatlah proses beruntun atau sering dikenal dengan istilah Batch Processing, sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian (Multi Tasking).
  • Periode Tahun 1950
Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer yang saat itu bisa bekerja dengan lebih baik, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka dari itu untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer sudah dapat diaplikasikan.

Pada sistem TSS sendiri, terdapat beberapa terminal yang terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang secara mandiri (sendiri-sendiri).
  • Periode Tahun 1960
Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969, program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
  • Periode Tahun 1970
Pada tahun 1970, sudah terdapat lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan, dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
  • Periode Tahun 1972
Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.
  • Periode Tahun 1973
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
  • Periode Tahun 1979 - 1981
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Kemudian pada tahun 1981, France Telecom menciptakan sesuatu hal yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang juga berhubungan dengan video link.

Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini yang sering kita gunakan ketika sedang melakukan konfigurasi sebuah jaringan internet

Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) , dimana jaringan ini meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
  • Periode 1984 - 1988
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS.Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.

Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen merupakan seorang yang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan istilah IRC. dimana teknologi ini sudah bisa memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ).
  • Periode 1990 - 1994
Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah,

Ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai sebuah perangkat komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. dan rogram inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan World Wide Web (WWW).

Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992. Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah).

Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Sumber Referensi "Wikipedia | Jaringan Komputer"

Perkembangan Teknologi Jaringan Komputer Hingga Saat Ini.



Apabila kita bandingkan dengan awal tahun 2000-an, teknologi internet yang digunakan saat itu mulai dari telkomnet@instant, ADSL(Asymmetric digital subscriber line), HDSL(High bit-rate Digital Subscriber Line), SDSL(Symetric Digital Subscriber Line), VDSL (Very high data rate DSL) yang menggunakan media transmisi kabel, Wireless Broadband yang menggunakan media transmisi nirkabel (wireless), hingga kini menggunakan media transmisi fiber optik yang kecepatan data share-nya bisa mencapai Gigabit per secondnya, maka sudah pasti perkembangan jaringan komputer saat ini sudah jauh lebih maju.
Hal ini terlihat dari beberapa faktor sebagai berikut :
  • Penggunaan jaringan secara umum pada institusi dan perusahaan (sudah menggunakan jaringan LAN melalui media transmisi kabel dan nirkabel (wireless))
  • Banyaknya ISP yang  menyediakan layanan koneksi internet, sehingga harga jasa layanan internet semakin dapat dijangkau oleh masyarakat secara umum.
  • Berkembangnya aplikasi mobile serta smartphone yang dapat dengan mudah melakukan koneksi ke dalam internet karena sejalan dengan berkembangnya jaringan mobile 4G
  • Perkembangan dari GUI atau Graphic User Interface, yang memudahkan user untuk terhubung ke dalam jaringan komputer seperti melakukan Video Call dan Video Conference.
  • Biaya perakitan komputer yang sudah tidak semahal pada masa awal-awal diciptakan, tetapi masih juga tergantung kebutuhan dari penggunanya dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi komputer yang akan dirakit, jika kebutuhannya masih berkisar pemanfaatan teknologi perkantoran maka tentu akan lebih murah dibandingkan pemanfaatan teknologi design yang dibutuhkan oleh user. 
Sudah dapat dipastikan bahwa jaringan komputer saat ini dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kita, dengan adanya teknologi jaringan komputer, maka dapat dipastikan kita akan menjadi lebih mudah seiring dengan berkembangnya media sosial maka untuk terkoneksi satu sama lain dengan berbagai user di belahan dunia lain dengan sangat mudah.


Belum ada Komentar untuk "Sejarah Teknologi Komputer Jaringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel