Mengenal Tools Jaringan Fiber Optic

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu,  salam sejahtera bagi kita semua, kali ini saya akan membahas Mengenai Tools  Jaringan Fiber Optic , banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang Mengenai Tools  Jaringan Fiber Optic , dan di sini saya juga mengutip dari beberapa referensi dan menggabungkannya dengan harapan semoga tulisan ini  akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai Mengenai Tools  Jaringan Fiber Optic , Amin.

1. Fusion Splicer


Sebagai alat untuk menyambungkan serat fiber optic, fusion splicer mempunyai keakuratan yang tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil penyambungan yang sempurna. pada saat penyambungan terjadi pengelasan media serat kaca serta serat peleburan kaca yang akan menghasilkan suatu media, di mana media akan tersambung dengan utuh tanpa adanya celah-celah. hal ini terjadi karena media tersebut memiliki senyawa yang sama.


2. Cleaver

Cleaver merupakan alat yang berfungsi untuk memotong core yang kulit kabel optic nya sudah dikupas, unutk pemotongan wajib menggunakan alat ini karena pada serat kaca dibutuhkan hasil pemotongan yang rapi.

3. Stripper/ Miler


Stripper/ Miller adalah alat ayng berfungsi untuk memotong core yang kulit kabel optic nya sudah dikupas, unutk pemotongan wajib menggunakan alat ini karena pada serat kaca dibutuhkan hasil pemotongan yang rapi.

4. OPM (Optical Power Meter)


OPM (Optical Power Meter) adalah alat yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui seberapa kuat daya dari signal yang sudah masuk.

5. OTDR (Optical Time Domain Reflectormeter)


OTDR adalah alat yang berfungsi untuk mendeteksi komunitas atau himpunan suatu kabel serat optik dalam jarak tempuh tertentu, sehingga dengan adanya alat ini diharapkan mampu menghasilkan jarak dari dua sisi yang merupakan ukuran kabel dari gangguan/ permasalahan yang terjadi.

6. Visual Fault Locator


Visual Fault Locator adalah alat yang berfungsi untuk melakukan pengetesan pada core fiber optik, dengan cara laser akan mengikuti serat optik dari awal sampai akhir core.

7. Protection Sleeve




Protection Sleeve adalah alat yang berfungsi sebagai pelindung sambungan dari serat fiber optic supaya lebih kuat.






Belum ada Komentar untuk "Mengenal Tools Jaringan Fiber Optic "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel