Static IP Address di Ubuntu Server 18.10

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu,  salam sejahtera bagi kita semua, kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan Konfigurasi Static IP Address di Ubuntu Server 18.10, banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang konfigurasi Static IP Address di Ubuntu Server 18.10, dan di sini saya saya akan implementasikan bagaimana Konfigurasi Static IP Address di Ubuntu Server 18.10 dengan harapan semoga tulisan ini  akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai Bagaimana melakukan konfigurasi Static IP Address di Ubuntu Server 18.10, Amin.



Netplan adalah utility konfigurasi jaringan di dalam CLI (Command Line Interface) baru, yang diperkenalkan di Ubuntu 17.10 untuk mengelola dan mengkonfigurasi pengaturan jaringan dengan mudah di sistem Ubuntu. Ini memungkinkan Kita untuk mengkonfigurasi antarmuka jaringan menggunakan abstraksi YAML. Ia bekerja bersama dengan NetworkManager dan daemon jaringan systemd-networkd (disebut sebagai renderers, Kita dapat memilih mana yang akan digunakan) sebagai CLI ke kernel.
File konfigurasi jaringan yang dijelaskan berada dalam /etc/netplan/*.yaml dan Kita dapat menyimpan mengkonfigurasi untuk semua interface jaringan Kita dalam file-file ini. Pada artikel ini, Saya akan menjelaskan cara mengkonfigurasi alamat IP statis atau dinamis jaringan untuk interface jaringan di Ubuntu 18.04 menggunakan utility Netplan.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi antarmuka jaringan yang akan Anda konfigurasi. Anda dapat mendaftar semua antarmuka jaringan yang terpasang pada sistem Anda menggunakan perintah $ ip addr show atau disingkat dengan $ ip a seperti yang ditunjukkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:


Dari output perintah di atas, kami memiliki 2 interface yang melekat pada sistem Ubuntu: 1 interface ethernet dan interface loop back. Namun, interface ethernet enp0s3 sudah dikonfigurasi dan memiliki alamat IP statis.
Selanjutnya buka editor vim, kemudian tambahkan konfigurasi berikut di bawah bagian ethernet, sesuai dengan ganbar berikut:


Penjelasan dari script di atas adalah sebagai berikut:
  • enp0s3 - nama interface network.
  • dhcp4  - properti dhcp dari interface untuk IPv4.
  • addresses - urutan alamat statis ke interface.
  • gateway4 - alamat IPv4 untuk gateway default.
  • nameservers - alamat dns server
Simpan konfigurasi dan keluar dari editor vim dengan perintah :wq . Kemudian terapkan perubahan jaringan terkini menggunakan perintah netplan berikut:

Sekarang verifikasi interface ethernet enp0s3, yang jika tidak ada kesalahan maka interface akan memiliki alamat IP Static seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar berikut:

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.


1 Komentar untuk "Static IP Address di Ubuntu Server 18.10"

  1. The 32 digit IP address is an organized or progressive address, instead of a level non progressive address.https://onohosting.com/

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel