Pengaturan Schedule Power On Pada BIOS

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu,  salam sejahtera bagi kita semua, kali ini saya akan membahas Bagaimana Pengaturan Schedule Power On Pada BIOS, banyak sekali referensi yang menjelaskan tentang Bagaimana Pengaturan BIOS, dan di sini saya tunjukkan pengalaman saya  di lapangan ketika melakukan Pengaturan Schedule Supaya Power On Pada BIOS Secara Otomatis sesuai dengan schedule yang sudah ditentukan, saya berharap semoga tulisan ini  akan menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai Bagaimana memanfaatkan fitur-fitur BIOS yang dimiliki oleh Komputer Server, Amin.

Suatu ketika, saya ditugaskan untuk mengkonfigurasi pc server customer supaya bisa power on nya otomatis nyala ketika arus AC datang, ada 2 case yang harus kita selesaikan yaitu:

1. supaya arus AC otomatis on/ off kita dapat mengunakan timer, 
Timer arus AC adalah  Tools Digital Programable, yaitu alat otomatis on off mati/ hidup lampu arus tegangan listrik AC 220V berdasarkan waktu on/off yang telah ditentukan. Misal kita set time on di jam 08:00 dan time off di jam 18:00, maka pada jam 08:00 arus AC akan di On-kan, sedangkan pada jam 18:00 arus AC akan di Off-kan, yang dari ke dua kondisi tersebut tadi akan dijalankan secara otomatis. Pengaturannya sangat mudah jika kita ingin mengatur time on, maka switch berada di posisi on, kemudian atur time nya, sama halnya jika kita ingin mengatur time off maka switch berada di posisi off kemudian atur juga time nya, selanjutnya setelah di atur kedua kondisi on/ off maka supaya dijalankan otomatis oleh timer maka switch kita arahkan di posisi auto.
2. sedangkan untuk pengaturan pc server supaya power on otomatis maka kita dapat konfigurasi pengaturannya pada BIOS Motherboard-nya.
BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yang merupakan program yang terintegrasi dengan sistem komputer, digunakan untuk  mengatur Sistem Input dan Output di seluruh sistem Operasional Unit Komputer.
RTC Alarm, Real-time clock alarm, adalah fitur yang dapat digunakan untuk memungkinkan komputer 'Wake On' setelah dimatikan untuk menjalankan tugas setiap hari atau pada hari tertentu. Kadang-kadang dapat ditemukan di bagian 'Power Management' dari pengaturan BIOS motherboard. Namun, sebagian besar komputer personal tidak memiliki fungsi ini, dan biasanya hanya ditemukan di PC Server. Langkah-langkah untuk pengaturannya adalah sebagai berikut:
Langkah 1. Nyalakan PC dengan menekan tombol Power On/ Off

Langkah 2. Tekan tombol DEL pada keyboard sebelum PC masuk ke OS dan pergi ke BIOS. Pilih Power Management menggunakan tombol panah pada keyboard, tekan Enter  untuk mengaktifkan pengaturan alarm RTC.


Langkah 3. Ubah pengaturan Resume By Alarm  ke [Enabled];

  • Ubah Wake up day, jika di setting 0 maka berlaku everyday selain itu jumlah hari berdasarkan angka yang di setting, misal kita isi angka 2 maka akan berlaku selama 2 hari dalam, pada tutorial ini saya biarkan dengan angka 0 supaya berlaku setiap hari.  
  • Ubah Wake up time, ini dimaksudkan pada jam berapa power on resume pada pc server, pada tutorial kali ini saya setting angka 8H 0M 0S, supaya power on resume akan dilanjutkan tepat pukul 8:00.

Langkah 4. Konfigurasi AC BACK

  • AC Back maksudnya adalah power pc akan menyala otomatis jika power AC On, biasanya jika PC arus listriknya diatur oleh timer, Pilihan Always On = Power akan ON, jika arus AC masuk, Memory = Power akan ON otomatis jika memory PC membaca bahwa PC di power off - kan secara normal, Always Off = maka power tidak akan ON otomatis.

Tampilan ini akan selalu berbeda, sesuai dengan merk dari masing-masing Motherboard tentunya, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengaturan Schedule Power On Pada BIOS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel